بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Jumat, 01 Juni 2012
Prinsip dasar Spiritualitas
Pergi dari banyak ke satu
Dampak dari upaya kita jauh lebih kuat ketika kita berkonsentrasi upaya kita pada satu, bukan banyak.
Mana yang lebih efektif?
Menggali satu sumur untuk mengakses air yang adalah 10 meter atau menggali 10 sumur 1 meter masing-masing.
Diperoleh mil frequent flyer dari berbagai perusahaan penerbangan atau menempel hanya satu maskapai penerbangan.
Berikut ini adalah bagaimana prinsip ini bekerja tergantung pada berbagai jalur generik .
Jalan Aksi : Pada tahap awal, seorang pencari memberikan sedekah kepada pengemis beberapa. Pada tahap berikutnya, ia memfokuskan upaya pada satu penyebab tunggal seperti sumbangan ke sekolah atau rumah sakit.
Jalan Pengetahuan :
Setelah mempelajari teks-teks rohani dari berbagai filsafat zaman baru untuk teks-teks agama, seorang pencari akhirnya berubah menjadi satu pun yang memiliki persentase yang paling kebenaran spiritual di dalamnya.
Jalan Pengabdian :
Sebuah pencari berlangsung dari pergi ke tempat ziarah , membaca satu kitab ayat-ayat Suci .
Jalan Mengucapkan Asma Allah swt :
Di sini, para pencari melantunkan asma Allah sebanyak-banyaknya dalam situasi apapun dari lisan atau dalam batin.
Jalan Guru (syeikh): Setelah mengunjungi beberapa auliya (wali), seorang pencari akhirnya dilihat hanya satu Guru Terlepas dari jalan satu Spiritualitas berikut, kemajuan spiritual tidak benar-benar terjadi melebihi tingkat tertentu tanpa kasih karunia seorang guru.
Melakukan latihan rohani sesuai tingkat rohani atau kemampuan rohani
Kita harus memeriksa bahwa praktek rohani yang kita pilih adalah sebagai per kapasitas rohani kita atau tingkat spiritual. Seorang mahasiswa, yang telah lulus kelas 3, tidak akan mampu untuk duduk untuk ujian kelas 4 jika ia telah terus mempelajari hanya kelas 3 silabus.
Demikian juga para pencari spiritual harus mencoba untuk meningkatkan kapasitas mereka untuk melakukan latihan spiritual sehingga tidak terjebak pada satu tingkat dari latihan rohani.
Mari kita pergi melalui berbagai tahap perkembangan dari bentuk-bentuk ibadah yang lebih berat dengan bentuk yang lebih halus
sesuai tingkat pencari:
Pada tingkat awal kita merasa bahwa kita dapat membuat kontak dengan Ilahi hanya dengan pergi ke tempat ibadah dan melalui berdoa kepada Allah swt.
Selanjutnya kita merasakan hubungan dengan Ilahi tidak hanya melalui ritual-ritual tetapi melalui membaca Al-Qur'an sementara duduk di tempat ibadah.
Pada tahap berikutnya kami merasa bahwa bahkan, dan hanya mengalami getaran dalam sebuah masjid yang cukup untuk menyehatkan rohani seseorang.
Setelah ini kita pergi dapat melihat Kebesaran Allah swt dalam keindahan alam; tinggi di pegunungan, didanau yang tenang, dll
Pada tingkat yang lebih tinggi, Bahkan jika kita berada di tempat yang tidak menyenangkan seperti kumuh kotor atau di tengah-tengah zona perang, kita dapat merasakan selimut menghibur kehadiran Allah swt, dan dapat menyembah Dia ada di hadapan tenang hati kita.
Menawarkan kepada Allah swt sesuai bakat Anda atau kapasitas
Semua dari kita memiliki beberapa jenis sumber daya yang kita miliki. Ini telah diberikan kepada kita oleh Allah swt. Sebuah prinsip dasar dalam praktek spiritual adalah bahwa kita menggunakan sumber daya yang sama untuk melayani-Nya sebagai bagian dari latihan spiritual kita dan bertumbuh secara rohani. Sumber daya yang kita telah jatuh ke dalam empat kategori luas:
1. Tubuh kita
2. kekayaan dan koneksi duniawi
3. Semua pikiran dan intelek
4. Semua indra keenam
Mari kita lihat keempat aspek dalam sedikit lebih detail:
1. Tubuh kita
Melayani dengan cara tubuh kita menggunakan tubuh kita untuk melayani Tuhan. Sebagai contoh:
Membersihkan tempat dan mendapatkan itu siap untuk kuliah pada Spiritualitas
Mengemudi pencari ke tempat tersebut
Memasang poster untuk mengiklankan kuliah pada Spiritualitas
2. kekayaan dan koneksi duniawi
Sebuah contoh dari melayani Allah swt dengan menawarkan kekayaan dan koneksi duniawi masing-masing akan menjadi:
Membayar untuk tempat di mana sebuah wacana spiritual yang akan dilakukan
Mengatur untuk ceramah tentang Spiritualitas di sebuah lembaga yang satu adalah terkait dengan spiritualitas
3. pikiran dan intelek
Menggunakan pikiran kita dan kecerdasan adalah tentang menggunakan proses kreatif dan intelektual kami untuk melayani Tuhan. Contoh ini akan mencakup:
Menggunakan akal kita untuk belajar Spiritualitas, memasukkannya ke dalam praktek dan kemudian memberitahu orang lain tentang hal itu
Menggunakan keterampilan menulis kami untuk menyebarkan Spiritualitas dengan menulis artikel tentang Spiritualitas
Membantu dalam memelihara catatan dan administrasi dari suatu peristiwa
4. indra keenam
Beberapa dari kita telah berbakat dengan indra keenam sejak usia dini. Hal ini disebabkan latihan rohani . Tanggung jawab kita untuk menggunakannya hanya untuk memfasilitasi pertumbuhan rohani dalam diri kita dan orang lain. Penggunaan indra keenam kita perlu berada di bawah bimbingan seorang Guru Spiritual .
Dalam ringkasan, poin-poin berikut dapat disimpan dalam pikiran:
Dengan konsisten menawarkan apa yang kita miliki untuk melayani Allah swt sebagai bagian dari latihan rohani kita, kita tumbuh secara spiritual.
Bahkan jika seseorang tidak memiliki kekayaan atau kecerdasan yang tinggi ia masih dapat menawarkan tubuhnya dalam pelayanan kepada Allah dan dengan demikian bertumbuh secara rohani.
Empat jenis penawaran yang disebutkan di atas tidak saling eksklusif. Jika seseorang memiliki kecerdasan yang baik dan pemahaman yang kuat tentang Spiritualitas ia mungkin cenderung hanya untuk menawarkan inteleknya. Namun prinsip adalah tentang 'menawarkan semua apa yang telah'. Sebagai orang yang memiliki tubuh dan mungkin juga memiliki kekayaan tertentu, dia harus menawarkan bahwa seiring dengan inteleknya.
Dari semua penawaran, pikiran dan intelek adalah yang paling unggul melalui media yang satu dapat membantu orang lain memahami dan praktek Spiritualitas.
Melakukan latihan rohani yang relevan dengan waktu
Dalam semua hal dalam hidup ada waktu bagi mereka untuk terjadi. Jika hal yang benar terjadi pada waktu yang salah maka hasil yang diinginkan tidak tercapai. Misalnya, jika benih ditabur pada bulan-bulan kering bukan musim hujan, mereka tidak mengambil akar tidak peduli seberapa subur tanahnya. Demikian pula, praktek-praktek spiritual tertentu yang kondusif sesuai dengan era.
Satyayuga: Ini adalah era yang sangat murni ketika rata-rata tingkat spiritual seseorang adalah 70% (ini adalah tingkat dari auliya ()wali ). Orang-orang ini begitu murni spiritual bahwa Jalan Pengetahuan yang terbaik cocok untuk mereka karena mereka memiliki potensi untuk memahami arti spontan tersirat dari semua tulisan suci rohani.
Tretayuga: Ini adalah era ketika tingkat spiritual dari orang rata-rata turun sampai 55% dan sehingga mereka kehilangan potensi mereka untuk mengikuti Jalan Pengetahuan. Tapi mereka cukup mampu secara rohani untuk melakukan taubat dan muraqabah (meditasi) jenis yang membuat seorang pencari bermeditasi cukup lama untuk sebuah bukit semut untuk tumbuh di seluruh tubuhnya).
Dwaparyuga: Ada penurunan lebih lanjut dalam tingkat spiritual dan orang kehilangan potensi mereka untuk taubat yang ketat dan meditasi berkelanjutan. Jadi ilahi sehingga mereka akan mampu membuat kemajuan melalui ibadah ritual. sangat memakan waktu dan tenaga karena mereka harus dilakukan setelah mencari bahan yang tepat. Seiring dengan ini ada banyak langkah yang harus diikuti untuk detail terakhir. Tapi orang-orang religius cukup berpikiran untuk menghabiskan waktu, tenaga dan uang untuk melakukannya.
Kaliyuga: ini diterjemahkan sebagai 'Era perselisihan' dan merupakan periode berjalan. Tingkat spiritual orang rata-rata telah turun menjadi hanya 20%. Kemampuan kita untuk melakukan praktek-praktek spiritual di atas telah sangat berkurang. Tapi mengingat bergolak kali kita hidup di dalam dan luasnya polusi spiritual - Allah swt telah membuat ketentuan yang sederhana bagi kita untuk tetap bertumbuh secara rohani. Semua Dia ingin kita lakukan sebagai latihan spiritual, adalah mengulang Asma-Nya.
Maju dari bruto (nyata) untuk halus (tidak berwujud)
Prinsip ini menyatakan bahwa kita perlu untuk memperbaiki latihan rohani kita dengan pergi dari hanya tindakan fisik, berlatih pada tingkat yang lebih halus.
Sebuah latihan rohani halus lebih dahsyat daripada satu yang kotor. Ambil contoh, hubungan dimana dua orang berjabat tangan dalam persahabatan, sementara pada kenyataannya, mereka mungkin tidak saling menyukai. Tampilan fisik dari persahabatan hanyalah sebuah façade. Di sisi lain, dua orang mungkin merasa niat baik yang tulus terhadap satu sama lain meskipun mungkin tidak ada kontak fisik.
Demikian juga, ketika datang ke berlatih Spiritualitas, akan melalui gerakan ibadah ritual eksternal (tingkat fisik) dengan pengabdian tanpa perlu diganti dengan memiliki pengabdian dalam nyata bagi Allah swt, atau keinginan yang kuat untuk pertumbuhan rohani.
Ketika melakukan latihan rohani adalah penting untuk diingat bahwa setiap individu berbeda dan jadi apa yang bekerja untuk satu orang mungkin tidak bekerja bagi orang lain. Ketika mendaki gunung seorang pendaki berpikir setiap jalan adalah satu-satunya cara. Tapi ketika dia mencapai puncak gunung, dia menyadari bahwa ada jumlah tak terbatas cara yang bisa membawanya ke atas. Demikian juga ada banyak jalan kepada Allah swt karena ada orang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar